Pengertian
OpenGL
OpenGL
merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan
spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan
suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun
3D.
OpenGL
adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan-keperluan
pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi
language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa
bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar
dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS
Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu:
-Glut.h
-Glut32.lib
-Glut32.dll
Untuk
membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu
konsepsi interfacing dalam implementasinya. Salah satu cara yang sudah umum
digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat konsep
windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool tertentu. Kali ini akan menjelaskan
pembuatan gambar sederhana yaitu gambar garis vertikal, horizontal, dan
diagonal dengan Dev C++ sebagai IDE-nya.
1. Dev
C++ (Pastikan PC atau laptop Anda sudah terinstall aplikasi ini).
2.
Header Glut (Header yang akan digunakan untuk OpenGL).
Setelah
selesai menginstall Dev C++ dan header OpenGL, selanjutnya mencoba untuk
langsung Membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL Pada
Dev C++, cara membuat file baru adalah :
1. Klik menu File > Pilih New > Project
.
2. Pada
bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.
Setelah
membuat project, lanjut untuk Membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal
Dengan OpenGL Pada Dev C++.
1. Membuat
garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding seperti
gambar di bawah ini :
/*Untuk
membuat garis Horizontal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f); [ untuk menentukan titik
yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang
digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1);
2. Membuat
garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal , lihat pada project. begitu
kita selesai membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong
pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL
ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL
animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia
OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja
/*Untuk
membuat garis Vertikal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix
(); [Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd
(); [untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1);
3. Membuat
garis Diagonal
Untuk membuat garis diagonal kita bisa tuliskan koding seperti
gambar di bawah ini :/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd
(); [untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
SwapBuffers (hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1);
Setelah
selesai menuliskan code, jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol
F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file
dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak
terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Referensi :
http://abdulghanni.blogspot.com
http://iqbalhabibie.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar