Minggu, 13 Oktober 2013

WAJAH BAHASAKU KINI

Bahasa Indonesia merupakan serapan dari bahasa Melayu, seiring perkembangannya penggunaan bahasa Indonesia yang baku sudah mulai sangat jarang kita dengarkan. Coba anda pikir, pernah kah anda berbicara bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD dengan teman sebaya atau dengan orang yang lebih tua dengan anda??



Anak muda zaman sekarang sering menggunakan bahasa yang biasa kita sebut dengan "bahasa gaul". Apalagi dengan adanya dunia teknologi, penyebaran bahasa gaul pun bisa dengan cepat merambat misalnya melalui dunia maya. Banyak di situs-situs dunia maya menggunakan bahasa yang hanya bisa dimengerti bagi orang-orang yang mengerti artinya. Bagi yang belum mengerti alias belum paham dengan bahasa baru, pasti mereka akan dikatain kurang pergaulan atau yang disebut dengan "kuper". Nah pernahkah anda dibilang kuper sama teman anda?


Nah setelah bahasa gaul ada lagi bahasa lain yang digunakan anak zaman sekarang yaitu "bahasa alay" di kalangan remaja, yang biasanya bahasanya dibuat singkat atau dibuat besar kecil tulisan. Biasanya hal ini terjadi karena faktor dari pergaulan kita, siapa pun orang yang kita ajak untuk berkomunikasi suatu saat nanti akan membuat kita jadi ikut-ikutan menggunakannya.

Semua ini tidak jauh-jauh dari faktor kebiasaan dalam berkomunikasi selama kita berada dilingkungan orang-orang yang menggunakan bahasa non-EYD maka makin lama bahasa Indonesia yang baku akan hilang. Untuk itu mulai lah dibiasakan berbicara bahasa Indonesia yang sesuai EYD walaupun dianggap kuno, daripada bahasa kalian lenyap di telan zaman. Dibiasakan untuk percaya diri dan tidak malu jika teman anda mengatai anda kurang pergaulan atau kampungan, ini juga demi mempertahankan bahasa Indonesia yang baku.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Dewi Ayu Kartika Blogger Template by Ipietoon Blogger Template